Senin, 27 Juni 2016

Esay "Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi"


Lembaga perguruan tinggi merupakan salah satu tujuan masyarakat dalam meningkatkan pendidikan yang fokus pada satu bidang konsentrasi yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja. Meningkatnya keinginan masyarakat untuk memiliki karier yang baik dalam ketatnya dunia persaingan, mendorong meningkatnya jumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi sebagian orang, melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi adalah hal yang harus dilakukan, dikarenakan persaingan yang semakin ketat dalam memasuki dunia kerja.  
Menurut data jumlah peminat pada SBMPTN 2015, jurusan Akuntansi menempati urutan ke 7 besar jurusan dengan peminat tertinggi yakni sebesar 2.894 peminat. Data ini pun belum termasuk pada peminat jurusan Akuntansi di PTS yang mencapai puluhan ribu peminat. Dimana jurusan ini membahas proses klarifikasi, meringkas dan mengkaji segala informasi yang finansial dan tentunya berhubungan dengan keuangan. Yang menuju ke perusahaan dengan mengkajinya agar mudah dipahami penggunanya. Salah satu faktor yang menyebabkan jurusan Akuntansi sangat diminati ialah prospek karirnya yang sangat cemerlang dan banyak dibutuhkan di perusahaan. Seorang lulusan Akuntansi akan banyak ditempatkan sebagai Tenaga Akuntansi atau juga ditempatkan pada  finance division di suatu Perusahaan. Selain dapat berkarier sebagai Tenaga Akuntansi di suatu perusahaan, lulusan Jurusan Akuntansi dapat berkarier sebagai Akuntan, Internal Auditor, Administrator Perpajakan, Auditor Pajak, Wirausaha dan yang lainnya.
Dalam perkuliahannya, mahasiswa akuntansi akan dibekali pengetahuan tentang ilmu akuntansi, keuangan dan ilmu pengetahuan terkait lainnya, pengetahuan mengenai kegiatan bisnis dan pengorganisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi. Selain mendapatkan berbagai macam kajian akuntansi, dalam perkuliahannya, mahasiswa jurusan akuntansi akan mendapatkan berbagai macam mata kuliah bidang lain seperti ekonomi, manajemen dan teknologi informasi.
Setelah menjalani perkuliahannya seorang lulusan jurusan akuntansi diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: keterampilan intelektual, keterampilan teknik dan fungsional, keterampilan personal, keterampilan interpersonal dan komunikasi dan keterampilan keorganisasian dan manajemen bisnis. Seorang lulusan jurusan akuntasi harus bersikap berdasarkan nilai dan perilaku yang mengarah kepada komitmen untuk: kepentingan publik dan sensitifitas terhadap tanggung jawab sosial; pengembangan diri dan belajar terus menerus; dapat diandalkan, bertanggung jawab, tepat waktu dan saling menghargai; hukum dan peraturan yang berlaku.




Sri Mulyatini. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Memilih Program Studi. Fakultas Ekonomi UPN “Veteran” Jakarta.
http://www.itukah.com/2015/08/jurusan-akuntansi-dan-prospek-kerjanya.html




Tulisan Ini Adalah Salah Satu Bentuk Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Akuntansi Internasional
Nama        : A. Adyani
Dosen       : Jessica Barus, S.E., Mmsi.
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar